POLITIK
Kegiatan aksi Kwarda Pramuka (her/pin)
18/8/2018 16:23:22
615

Kwarda Pramuka Lampung Gelar Aksi Peduli Lombok di Pasar Balam

Harianlampung.com - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung melalui bidang pengabdian masyarakat dan penanggulangan bencana (Abdimasgana) dan Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli hari ini Sabtu (18/08) menggelar “Aksi Pramuka Peduli Lombok" atau dikenal juga dengan istilah "Bumbung Kemanusiaan" si tiga titik pasar di Bandarlampung.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB di tiga titik lokasi yaitu Tugu Adipura, Pasar Kangkung, sekitaran Pasar Bambu Kuning, Pasar Smep, Pasir Gintung, dan Pasar Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan secara legal dengan mengacu kepada UU Nomor 9 tahun 1961 tentang pengumpulan uang atau Barang. Biaya yang dikeluarkan sebagai akibat kegiatan tersebut dibebankan kepada anggaran Kwarda Pramuka Lampung tahun 2018.

Adapun hasi dari pengumpulan uang/barang seratus persen disumbangkan ke korban bencana alam di Provinsi NTB.

Aksi Peduli Lombok ini dikoordinir oleh Kak Darja yang dibantu oleh Kak Efendi, Kak Lia Kristuna, Kak Vivi Aningsih dan dilaksanakan oleh 10 Pramuka Peduli Bandar Lampung. Demikian disampaikan  Waka VII Bidang VII Abdimasgana, Kwarda Pramuka Lampung Sumarju Saeni di pasar  saat memantau langsung pelaksanaan Aksi Pramuka Peduli Lombok pada Sabtu (18/8) di Pasar Bambu Kuning, Bandar Lampung.

Sumarju  yang juga Kepala Dinas (Kadis) Sosial Provinsi Lampung menambahkan bahwa Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak pada HUT Pramuka ke 57 pada tanggal 14 Agustus 2018 di masing masing Kwartir Cabang Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Hasil dari "Bumbung Kemanusiaan" nantinya akan dikumpulkan dan di informasikan secara luas pada saat Peringatan HUT Pramuka ke 57 tingkat Provinsi Lampung yang akan berlangsung pada 29 Agustus 2018 di Kabupaten Way Kanan.

Disamping itu Kwarda Pramuka Lampung juga akan memberikan alat bantu Penyandang Disabilitas, khususnya anggota Pramuka berupa Kursi Roda, Kruk Ketiak, Tongkat Tuntun Disabilitas Netra dan Alat Bantu Dengar.

Dalam melaksanakan kegiatan Kwarda Pramuka Lampung khususnya bidang Abdimasgana bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan seperti Vertical Rescue Indonesia dan Tagana dalam Pembuatan Jembatan Gantung.

Progres jembatan gantung dari tahun 2017 sampai dengan sekarang sebanyak 19 jembatan. Demikian juga dalam penanggulangan bencana khususnya dalam bidang shelter dan dapur umum serta psyco sosial serta distribusi logistik. Imbuhnya.
(her)