POLITIK
Uji petik penyusunan indek (her/pin)
12/10/2018 13:57:45
669

Kemensos RI Gelar Uji Petik Penyusunan Indeks Kinerja PSM

Harianlampung.com - Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni Jumat (12/10) memberikan arahan pada acara Uji Petik Penyusunan Indeks Kinerja pada Ditjen Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Sumarju Saeni mengatakan bahwa Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)yang selanjutnya disingkat dengan PSM merupakan seseorang  warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan, dan kemampuan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial,jelas Sumarju Saeni.

Hal ini,kata Sumarju, mangacu pada Permensos Nomor 01 Tahun 2012 tentang Pekerja Sosial Masyarakat tugas yang diemban oleh PSM  antara lain, menginisiasi penanganan masalah sosial; mendorong, menggerakkan, dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraaan sosial sebagai pendamping sosial bagi warga masyarakat penerima manfaat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial sebagai mitra pemerintah/institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan memantau program penyelenggaraan kesejahteraan sosial, dan PSM berkedudukan di Desa/Kelurahan sedangkan tingkatan selanjutnya merupakan Ikatan PSM, tutur dia.

Keterlibatan para relawan ini berdasarkan sukarela sehingga tidak mendapatkan honor maupun tali asih. Mereka merupakan cerminan murni dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan khususnya dibidang pembangunan Kesejahteraan Sosial.

Cita-cita para rekawan sosial ini adalah terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkesejahteraan sosial terwujudnya warga masyarakat yang memiliki keberfungsian sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri dan tertanganinya masalah sosial,urai dia.

Kegiatan ini diikuti oleh para PSM senior sebanyak 10 orang dari Kabupaten Way Kanan, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung.

Kata Sumarju, untuk pemandu pengisian questioner yakni dari Sekretariat Ditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI Rahmawati Budi Utami dan Lembaga Konsultan Catalyst, Husnul Fitri, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Ida Yulisnawati.

Rahmawati Budi Utami mengatakan bahwa kegiatan semacam ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dengan maksud untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang kinerja PSM yang selama ini semakin meningkat atau menurun. Dengan data yang akurat tersebut dapat dianalisa Indeks Kinerja PSM di seluruh Indonesia, kata dia.

Sementara, ketua IPSM Lampung Edi Purwadi yang dikenal dengan Edi Kumis menambahkan bahwa berdasarkan hasil pendataan jumlah PSM diperkirakan sebanyak 3ribu orang mengingat data yang masuk baru 6 Kabupaten/Kota. Sebagian besar para PSM merupakan tokoh masyarakat dengan berbagai macam jabatan tingkat Desa/Kelurahan maka peran serta PSM dalam pembangunan kesejahteraan sosial sangat tinggi, pungkasnya.
(her)