POLITIK
M Arma Ananta pelajar SMAN 2 Balam (her/pin)
12/11/2018 19:47:37
632

Sekilas Manfaat Marketing Digital dan UKM

Harianlampung.com - Beberapa waktu lalu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kembali menggelar survei mengenai penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia.

Merujuk survei tersebut, diketahui jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143,26 juta. Dilansir Liputan6.com Dari jutaan Usaha Kecil Menengah  (UKM) di Indonesia, hanya berkisar 20 persen saja yang baru menerapkan strategi pemasaran melalui sistem online terhadap UKM, kata M Arma Ananta pelajar SMAN 2 Bandarlampung, Senin (12/11) yang kini duduk di kelas 11.

Menurut M Arma Ananta, banyak strategi pemasaran online yang dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjual dan calon pembeli melalui internet.

Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya menambah hingga 80 persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja.

Maka, lanjut M Arma Ananta, melalui pemasaran online ini, jangkauan menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk kita dimanapun mereka berada selama terdapat internet untuk mengaksesnya.

M Arma Ananta menambahkan bahwa, pemasaran secara online ini memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk konsumennya,  berikut tips digital marketing untuk UKM (Usaha Kecil Menengah).

Pertama, kata M Arma Ananta, kita cari tau dulu siapakah "Market" sasaran kita.

Karena, jika kita salah target marketing bisa bisa uang yang kita keluarkan akan sia sia dan menyebabkan usaha kita akan boncos sana sini. Dan setelah kita tau target marketing nya kita akan bisa memilih media apayang sesuai untuk target market kita.

Yang kedua, kita persiapkan konten setelah kita tau target market, maka buatlah konten konten yang menarik sesuai dengan target market kita, konten bisa berupa gambar,Video/Story telling.

Dan jangan lupa pada saat pembuatan konten selalu attention to detail. Lalu yang ketiga, gunakan Influencer dengan memakai influencer, juga kita jangan asal asalan ya harus sesuai dengan target market kita,Ya contoh nya kalau kita jualan makanan ya gunakan influencer para foodies foodies yang ada di di kota kita masing masing, jadi harus sesuaikan dengan bisnis kita dan budget kita.

Yang keempat, update konten secara berkala, Oh iya jangan lupa setelah itu kita juga harus teratur dalam menguplod kontain agar bisnis kita tetap update terus pokoknya harus konsisten dan rajin.

Tips terakhir, service setelah kita melakukan beberapa step diatas agar kita bisa memperbaiki serice internal kita,  bisa melalui fast respon packaging dan sop lainya agar customer merasakan nyaman.

Disinilah, dengan adanya kemajuan teknologi tersebut digital marketing dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan Offline marketing.

Selain budget yang digunakan lebih terjangkau, digital marketing juga menawarkan manfaat yang lebih banyak seperti jangkau yang lebih luas dalam negeri ataupun luar negeri tanpa harus melakukan perjalanan,

targeting yang dapat disesuaikan dengan perangkat filter targeting seperti jenis kelamin, usia bahkan sampai karakteristik dari calon pelangan yang sangat detail.

Satu hal yang perlu digaris bawahi dalam dunia digital marketing selalu mengutamakan komunikasi dari pada promosi.

Dengan adanya komunikasi dua arah terhadap konsumen didalam sebuah pemasaran produk seperti, saran dan keluhan hingga informasi secara langsung mengenai produk yang akan dipasarkan, dan hal ini tentu akan memberikan respon postif dalam meningkatkan mutu dan kualitas layanan sehingga keakraban antara pebisnis dan konsumen akan terjalin sehinga perlahan produk ataupun jasa layanan yang ditawarkan akan mudah diterima oleh konsumen.

Disinilah pentingnya peranan digital marketing dalam upaya mempromosikan produk kita melalui media internet, pungkas Arma Ananta pelajar SMAN 2 Bandarlampung.
(her)