POLITIK
Danrem 043 Gatam saat memberikan tali asih (her/pin)
15/12/2018 19:28:50
636

Wujud Rasa Syukur Peringati HJK ke 73, Danrem 043 Gatam Beri Tali Asih Veteran/Warakauri TNI

Harianlampung.com - Upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK) yang ke 73 Tahun 2018 merupakan bagian dari bentuk rasa syukur atas kiprah TNI AD dalam mendukung harmonisasi bersama rakyat sekaligus mengawal pembangunan di Provinsi Lampung,  Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam,  Kolonel Kav Erwin Djatniko, S.Sos, bersama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 043 PD II/Sriwijaya Ny. Dwi Erwin Djatniko, Sabtu (15/12) pukul 08.30 Wib, usai melaksanakan upacara peringatan HJK ke 73,  Darem 043 Gatam menyerahkan bingkisan dan tali asih kepada para Veteran dan Warakauri TNI di lapangan upacara Makorem 043/Garuda Hitam Jalan Teuku Umar Bandar Lampung.

Penyerahan bingkisan tali asih, merupakan salah satu rangkaian dari salah satu program dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) yang ke 73 Tahun 2018, sekaligus merupakan wujud rasa syukur dan terimasih TNI khusus nya TNI AD kepada para Veteran pejuang kemerdekaan dan wujud kedekatan serta manunggalnya TNI dengan rakyat.

"TNI lahir dan untuk rakyat maka seyogyanya terus mencitakan kemanunggalan bersama rakyat," kata Danrem 043 Gatam Kolonel Kav Erwin Djatniko.

Turut serta dalam penyerahan bingkisan tali asih, mantan pejabat Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Mudjiono, Kabinda Lampung Brigjen TNI. Daru Cahyono, Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S, Kapolrsta Bandar Lampung Kombes Pol Wirdo Nefisco, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 043 PD II/Sriwijaya Ny. Dwi Erwin Djatniko, dan sejumlah pejabat TNI lainnya.

Danrem 043 Gatam Kolonel Kav Erwin Djatniko menegaskan bahwa, Provinsi Lampung aman dan kondusif, aparat TNI dan Polri terus meningkatkan koordinasi, kerena sayapun suka nongkrong ngopi bersama masyarakat di lapangan, ini salah satu bentuk kedekatan dengan rakyat, kata Danrem 043 Gatam.

Dalam peringatan upacara, Danrem 043/Gatam Kolonel KAV. Erwin Djatniko, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, selaku generasi penerus, kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis,” kata Danrem 043/Garam, pada sambutanya.



Kemudian, Danrem mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita maanfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional,” ujar Danrem.

HJK pada hakekatnya dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 73 tahun silam di Kota Ambarawa.

Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Peristiwa Ambarawa itu, telah membawa dampak politik secara Internasional dan menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi TNI AD sebagai penjaga tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saya menghimbau kepada jajaran TNI, agar terus menegakan semangat menjaga kesatuan bersama rakyat, karena TNI lahir dari rakyat, tandas Danrem 043 Gatam Kolonel Kav Erwin Djatniko.
(her)