POLITIK
Kadis DPK Ir.Ferynia dalam sambutan.(her/pin)
22/4/2019 13:54:26
600

DPK Lampung Gelar Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca 2019

Harianlampung.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Lampung menggelar rangkaian kegiatan Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca tahun 2019 yang berlangsung di gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Lampung, Senin (22/4).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Pustakawan Utama  DR Zulfikar Zen, MA  selaku narasumber dari Perpusnas RI, Ketua Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI) Robinson Rusdi, Kepala Sekretariat Ikatan Perpustakaan Indonesia Markus Tendean.S,Sos, DR.Diana Amisani selaku Pembina Ikatan Pustakawan Provinsi Lampung dan Ir. Ferynia selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung serta

seluruh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dari Kabupaten/ Kota se-provinsi Lampung, para pejabat administrator, pengawas, dan fungsional dilingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung,pustakawan Perguruan Tinggi, sekolah serta Organisasi Profesi Kepustakawan, Pengurus IPI Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir. Ferynia mengatakan,Pustakawan berkarya mewujudkan Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan Pemasyarakatan Perpustakaan dan minat baca ini merupakan momen yang sangat strategis dalam mendukung minat masyarakat untuk memperluas wawasan dan pengetahuan, karena dengan segala wawasan dan ilmu akan menjadi bekal pengetahuan,ujarnya.



"Ya, dengan membaca dapat meningkatkan kreativitas kepercayaan diri dan membuka diri terhadap ide dan informasi baru serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal," kata Ir.Ferynia Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Kerena itu kata Ferynia, kebiasaan gemar membaca sebaiknya dilakukan sejak dini yang dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Karena tidak ada satupun negara yang maju sepanjang sejarah dan tidak ada peradaban yang terhebat sekalipun kecuali karena masyarakatnya gemar membaca, ujar Ferynia.

Saya berharap agar kegiatan positif dalam rangka membuka wawasan,pengetahuan  dan minat baca dalam rangka mencerdaskan masyarakat,mari kita giatkan hingga di Kabupaten/Kota,salam literasi, tandasnya.

Sementara, Ketua Panitia pelaksana kegiatan yang juga Kabid Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Koimah menambahkan bahwa, seyogyanya  masyarakat harus lebih mengenal sisi manfaat dari Perpustakaan.

Karena kata Koimah, Perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat yang menyediakan berbagai informasi dan harus dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sesuai dengan perkembangan Tekhnologi dan Informasi (TI) guna mewujudkan program gerakan nasional gemar membaca diseluruh wilayah Provinsi Lampung secara serentak,ujar Koimah.

Wadah IPI bisa menjadikan tempat koordinasi guna meningkatkan ide kreatif dalam hal mengelola Perpustakaan. Mari kita wujudkan program  gemar membaca agar seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Lampung terbuka ilmu pengetahuan dan wawasannya,tandasnya.
(her)