POLITIK
Dandim 0410 KBL Letkol Arm Wahyu Jatmiko.(nti/pin)
13/5/2019 19:08:25
565

Wakili Kodam II Swj, Kodim 0410 KBL Bersaing dalam Lomba Binter Secara Nasional

Harianlampung.com - Dalam rangka lomba Pembinaan Teritorial (Binter) secara Nasional. Provinsi Lampung mengirim jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0410 KBL untuk bersaing bersama tujuh Kodim yang diakan oleh Markas Besar (Mabes) TNI AD (Angkatan Darat) dengan tema `Melalui lomba Binter tingkat Kodim, kita mantapkan solidaritas dan sinergitas internal TNI dengan aparat pemerintah daerah. Serta komponen bangsa lainnya guna meningkatkannya kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0410/KBL Letkol Arm Wahyu Jatmiko mengungkapkan bahwa acara ini berlangsung hingga tiga hari kedepan, Kodim 0410/KBL menjadi salah satu perwakilan Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya (Sumatera), Dandim optimistis bisa meraih juara lomba Binter tingkat nasional tersebut. Karena semua prajurit bersungguh-sungguh dalam melakukan program yang telah disusun dan menjadi unggulan untuk dilombakan, dan pihaknya selalu menyajikan apa adaya dan tak ada modifikasi program tersebut.

"Untuk penilaian sendiri ada terbuka dan tertutup, Kodim 0410 KBL ini sudah dua kali melewati dua tahapan diantaranya lomba setingkat Korem dan Kodam II. Jika nanti memang terpilih sebagai terbaik, karena memang semua prajurit telah bekerja maksimal, tentu bersyukur," kata Dandim 0410 KBL Letkol Arm Wahyu Jatmiko, Senin (13/5).

Sementara itu,Ketua Tim lomba Binter yang juga Pamen Ahli Pusterad Kolenel Inf Awal Nur mengungkapkan dirinya bertugas mendata bersama dua juri lainya yaitu Letkol Hendrik dan Mayor Inf Mulyadi.

Dalam perlombaan ini ada delapan Kodim setingkat provinsi yang akan dinilai dari lomba Binter ini dengan harapan Kodim ini menjadi percontohan Kodim yang lainnya,ujar dia.

Menurutnya, lomba ini dilakukan setiap dua tahun sekali, kualifikasinya yakni Kodim tipe  A, B, C, D dan tipe D. Kalau tipe A ini memang Kodim diwilayah penyangga ibu kota negara dan ibu kota Provinsi, tipe B ini Kodim yang berada di Kabupaten Kota.

Sedangkan Kodim C ini merupakan Kodim perbatasan negara kepulauan terluar dan  Kodim tipe D ini merupakan kodim daerah yang rawan,terang dia.

“Kalau Kodim 0410 ini peserta lomba ketiga yang kita nilai setelah Aceh dan Semarang dan secara estafet kita akan nilai juga Kodim tipe (A). Lomba ini sebagai bahan evaluasi dalam menentukan kebijakan, fungsi dari TNI dalam mewujudkan alat juang yang tangguh dalam kemanunggalan bersama rakyat," tandas dia.
(nti/her)