POLITIK
Pembukaan sosialisasi partisipasi media.(her/pin)
22/8/2019 00:00:25
559

Dinas PP dan PA Lampung Gelar Sosialisasi Partisipasi Peran Media Responsif Gender,Ramah Anak

Harianlampung.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung menggelar sosialisasi partisipasi media dalam pemberitaan yang responsif gender dan ramah anak,agar memiliki pedoman positif.

Peran pemberitaan media sangat penting jika pemberitaan yang dikonsumsi publik memiliki keramahan,terutama pemberitaan yang bersifat responsif gender dan ramah anak.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Dra. Bayana,M,Si, yang diwakili Kepala Bidang  Data dan Informasi gender dan Anak Hermansyah,S.IP,MM saat membuka sosialisasi partisipasi media dalam pemberitaan yang responsif gender dan ramah anak di Hotel Horison Bandar Lampung, Kamis (22/8).

Menurutnya,partisipasi peran media sangat dibutuhkan,sehingga penyajian pemberitaan dapat memiliki kalimat sentuhan ramah anak.



Karena,kata dia, jika kasus yang terjadi terhadap anak dengan dampak kekerasan fisik,maka kita semua termasuk media wajib memberikan perlindungan terhadap korban si anak,jelas dia.

"Faktor dampak yang wajib kita lindungi terhadap kasus kekerasan terhadap anak,selain itu faktor fisik,"kata Hermansyah.

Isu kekerasan terhadap perempuan dan anak saat ini semakin trend,berdasarkan data,maka itulah peran media dalam pemberitaan diwajibkan tidak memberitakan keberadaan anak yang berada dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dari Korban (LPSK).

Selain itu,peran media dalam pemberitaan sebaiknya wartawan tidak mencari informasi mengenai hal hal diluar kapasitas anak untuk menjawabnya, seperti kasus kematian,perceraian,perselingkuhan orang tua,keluarga atau kekerasan fisik,kejahatan dan konflik, tandasnya.
(her)