POLITIK
Aksi demo mahasiswa Unila di DPRD Lampung.(nti/pin)
19/10/2019 06:33:41
540

Tuntut BA KPK, Aksi Mahasiswa Bergerak Orasikan di Gedung DPRD Lampung

Harianlampung.com - Puluhan masa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Lampung Bergerak  menggelar orasi terkait Batas Akhir (BA) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tanpa oposisi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung, Jumat (18/10).

Menurut Jendral Lapangan aksi Mahasiswa Unila, Fajar Agung Pangestu megatakan bahwa kami menggelar aksi ini sebagai Agent of Change dan Social Control memang sudah sewajarnya mahasiswa bergerak ketika ada yang tidak  baik-baik saja di Negara kita. Ada 26 poin yang kami pandang sangat beresiko melemahkan atau bahkan riskan bisa melumpuhkan Kerja KPK.

Adapun 3 Poin tuntutan kami yakni pertama menuntut Presiden untuk mengeluarkan Perppu Pembatalan Revisi UU KPK, sebagai bentuk penolakan UU Perubahan UUKPK.  Kedua  menuntut Presiden untuk menolak Capim terpilih KPK bermasalah. dan ketiga usut tuntas kasus Novel Baswedan.

"Hari ini kami mahasiswa konsisten begerak untuk rakyat, mana janji dewan pada aksi kami sebelumnya jika sudah di teruskan ke DPR RI dimana buktinya. Jika nanti dalam lima hari kedepan tuntutan kami tidak ada kepastian maka kami akan hadir kembali ke sini, Kami berharap wakil Rakyat jangan lupa akan tuntutan kami," tegas dia.

Sementara itu Wakil DPRD Provinsi Lampung Fauzan Sibron asal fraksi NasDem mengatakan bahwa pihaknya menerima aksi yang kawan-kawan mahasiwa lakukan. Apapun yang menjadi tuntutan kawan-kawan kami akan dukung dan berkomitmen untuk mendukung rakyat Lampung.

"Kami berterima kasih atas perjuangan kawan-kawan semua, dan ini akan kita tindak lanjutkan," kata Fauzan Sibron

Diketahui, aksi tersebut berlangsung selama lebih dari satu jam dan sempet nyaris dorong dorongan antara mahasiswa dan petugas.

(her)