POLITIK
Pembukaan workshop peta proses bisnis.(her/pin)
09/12/2019 23:46:36
556

Pemprov Lampung Buka Workshop Penyusunan Peta Proses Bisnis Bagi OPD

Harianlampung.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Biro Organisasi  Setda Provinsi Lampung bersama Kementerian PAN RB Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana menggelar Workshop penyusunan peta proses bisnis  dalam rangka upaya percepatan Reformasi Birokrasi dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di ruang Sungkai gedung Balai Keratun lingkup kantor gubernur Lampung, Selasa (10/12).

Workshop diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemrov Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Kepala Biro Organisasi Ars Padila saat membuka kegiatan Workshop mengatakan bahwa, workshop yang dibimbing oleh Kementerian PAN RB melalui bidang Kelembagaan  dan Tata Laksana bertujuan guna melihat potensi dalam pengembangan peta proses bisnis guna mengupayakan percepatan Reformasi Birokrasi, ujarnya.

Menurutnya, Reformasi Birokrasi merupakan suatu perubahan dalam tata laksana dan penataan area agar dapat tercapainya peningkatan proses,prosedur,kerja yang jelas,efektif dan efisien,cepat,terukur,sederhana,transparan,partisipatif dan E-government, jelasnya.

"Ini telah diatur dalam Permen PAB RB No.19 tahun 2018 tentang penyusunan peta proses bisnis,"kata Aris Padila.

Hal ini,kata dia tentu mengacu kepada dua dokumentasi strategis dan rencana kerja organisasi, sedangkan untuk pemerintah daerahnya dikaitkan dengan program RPJMD, terangnya.



Manfaat peta Proses bisnis sendiri, agar kita mudah melihat potensi masalah yang ada didalam pelaksanaan agar ketika akan ada penyempurnaannya,maka proses bisnis bisa diarahkan mengarah kesempurnaan, tandasnya.

Sementara, Hijrah Andriyansyah,Kementerian PAN RB melalui Assessment Koordinasi pelaksanaan kebijakan mengatakan bahwa, sistem proses bisnis sebetulnya hanya bagian terkecil dari Tatalakasana,maka proses bisnis tentu ada sistem dan pengaturannya antara Pemda dan Pusat, hari ini kita memetakan perencanaan agar tersusun dengan baik, ujarnya.

"Kita saat ini baru tahap mendorong,menyusun peta bisnis ke seluruh OPD di Indonesia,merana ini kita sebut sebagai landasan dasarnya," kata Hijrah Andriyansyah.

Beda halnya di pemerintah pusat,yang saat ini sudah mulai bergerak mereview dan mengevaluasi.

Maka workshop ini, lebih kita titik beratkan kepada penyusunan program peta bisnis, artinya visi,misi dan efisiensi, tandasnya.

Hadir dalam pembukaan workshop, Kepala Bagian Kelembagaan  Biro Organisasi Setdaprov Lampung Wiryono, Kepala Bagian Ketatalaksanaan Anung Priyadi dan para Kepala Seksi di Biro Organisasi.
(her)